Friday, November 2, 2018

Tips Dota 2 Indonesia: Mengenal Pos 1 2 3 4 5



Tips Dota 2 Indonesia: Mengenal Pos 1 2 3 4 5

Guide Dota 2 Indonesia - 
Need party role pos 1, open team buat pos 4 5, pertanyaan seperti itu sering muncul di grup-grup Dota. Sebenarnya, apa sih maksud dari pos-pos tersebut?


Pos 1 2 3 4 5 secara sederhana adalah sistem yang menunjukkan prioritas farming gold dan exp dari hero. Semakin kecil angka (pos 1), semakin tinggi juga prioritasnya untuk mendapatkan gold dan exp. Sistem ini awalnya digunakan oleh tim DotA Chinese saat zaman DotA dan kemudian banyak diterapkan competitive match Dota 2.
Sejatinya, pos-pos ini tidak menentukan lane mana (safe mid off lane) yang seharusnya diambil oleh hero melainkan hanya menunjukkan prioritas gold dan exp. Meskipun begitu, banyak orang juga yang menetapkan bahwa pos 1 memiliki role hard carry, pos 2 midlaner, pos 3 offlaner, pos 4 jungler/roaming/ganker/semi-support, dan pos 5 sebagai hard support.

Pos 1 hard carry memiliki prioritas farm gold dan exp paling tinggi. Pos 1 biasanya mengisi safe lane dan bertugas untuk mengangkat/meng-carry tim untuk menang. Pos 2 midlaner memiliki proritas farm gold dan exp kedua dalam tim. Pos 2 biasanya mengisi mid lane dan gold exp yang didapat pos 2 digunakan untuk mengatur jalannya game. Ada istilah juga yang berkata bahwa mid fail = team lose.  Pos 3 offlaner bertugas untuk membuat item yang berguna saat team fight (Mekansm, Pipe of Insight, dsb) atau sebagai initiator. Pos 3 biasanya mengisi off lane yang tujuan utamanya untuk mendapatkan exp, lebih baik lagi jika bisa mengganggu carry musuh.

Pos 4 bisa merujuk pada hero jungler atau hero roamer/ganker yang masih bagian dari support. Pos 4 bertugas untuk membuat item yang membantu tim yang lebih murah dari pos 3, seperti Drum of Endurance, Force Staff, Urn of Shadows dsb. Pos 5 adalah hard support. Tugas utama dari pos 5 adalah mengurus (baby sit) carry dan membeli support item, seperti wards, courier, gem, dust, dan smoke. Pos 5 ini biasanya memiliki net worth paling rendah di tim.

Hero-hero yang sering dipakai tiap pos:
  • Pos 1: AM, Juggernaut, Medusa, Spectre, Luna, CK, PA
  • Pos 2: Invoker, DK, DP, Puck, Zeus, Lanaya, Tinker
  • Pos 3: Centaur, BB, Clockwerk, Dark Seer, Tidehunter, Broodmother, Mirana
  • Pos 4: Tusk, Earth Spirit, BH, Chen, Enchantress, Spirit Breaker, Kunkka
  • Pos 5: Io, Crystal Maiden, Disruptor, Oracle, Dazzle, Witch Doctor, Lion


Kesimpulannya, sistem pos 1 2 3 4 5 adalah sistem yang menunjukkan prioritas farm gold dan exp. Namun, pos ini sering digunakan untuk menentukan role dan lane mana yang akan diambil oleh player. Komposisi tim yang baik adalah tim yang bisa mengisi kelima posisi tersebut.

--------


Terima kasih telah membaca tips ini. Silakan memberi masukan atau pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ^^


Jangan lupa follow kita yah di:

Blog: ngdota2.blogspot.com
IG: @ngdota2
Facebook: Neo Generation Dota 2
Email: neogenerationd2@gmail.com

Be the neo Dota 2 Player!!!

No comments:

Post a Comment