Friday, October 19, 2018

Guide Dota 2 Indonesia: Experience, Hand of Midas, dan Tome of Experience



Guide Dota 2 Indonesia: Experience, Hand of Midas, dan Tome of Experience

Guide Dota 2 Indonesia - 
Jika diartikan secara harafiah, experience (exp) adalah pengalaman. Dalam Dota 2, tiap hero memiliki experience bar yang harus dipenuhi sehingga mereka bisa naik level. Experience bar ini memerlukan exp yang lebih banyak jika level hero semakin tinggi. Misalnya, untuk naik dari level 1 ke level 2, hero memerlukan exp sebanyak 230 exp sedangkan untuk naik dari level 24 ke level 25 memerlukan exp sebanyak 2500. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para player. Simak yuk pembahasannya ^^
Seperti yang sudah dijelaskan, experience bar perlu diisi menggunakan exp sehingga hero bisa naik level. Experience bisa didapat ketika ada unit musuh yang mati di sekitar semua allied heroes dalam radius 1500 (lebih jauh sedikit dari Ice Path Jakiro). Selain itu, jika melakukan deny pada lane creep, musuh hanya akan mendapatkan 25% dari exp yang diberikan creep dan kita akan mendapatkan 25% exp. Jika ada creep hutan mati, exp akan diberikan kepada allied heroes dan musuh, tidak ditentukan pada siapa yang melakukan last hit. Jika membunuh hero, batasan radius dihilangkan sehingga allied heroes yang melakukan kill akan mendapatkan exp dari tempat mana pun. Sebagai informasi tambahan, klon Meepo bisa mendapatkan exp masing-masing sehingga bisa lebih cepat naik level. Intinya, jika berhasil membunuh unit musuh atau berada di radius ketika unit musuh mati, kita akan mendapatkan exp. Hero kita juga bisa mendapatkan exp lebih besar ketika mengambil talent +% XP Gain.

Cara lain untuk mendapatkan exp adalah menggunakan skill aktif dari Hand of Midas. Item ini bisa mengubah creep musuh menjadi emas yang akan memberikan bonus gold dan exp. Musuh akan langsung mati ketika Hand of Midas di-cast (instant effect). Experience yang didapatkan dari Hand of Midas lebih besar dibandingkan exp dari unit musuh yang mati (khusus creep), yakni mendapatkan bonus exp 185%. Artinya, jika creep memberikan 100 exp, ketika menggunakan Hand of Midas, total exp yang didapat akan menjadi 185 exp. Oleh karena itu, untuk mempercepat naik level, disarankan menggunakan Hand of Midas pada creep jungle yang besar/siege creep.


Cara terakhir untuk mendapatkan exp adalah menggunakan consumable item Tome of Knowledge. Item ini lah yang menjadi primadona ketika level kamu, biasanya support, tertinggal. Tome of Knowledge baru bisa dibeli di menit 10 (muncul 1 stock), mendapatkan re-stock tiap 10 menit sekali, dan bisa di-stack sampai 3 stock. Sebaiknya, meskipun tidak digunakan, belilah Tome of Knowledge (simpan di backpack/base) ketika sudah sampai max stack. Jika pertama kali digunakan, Tome of Knowledge memberikan exp sebesar 700 untuk hero yang mengkonsumsinya. Setelahnya, tiap Tome of Knowledge digunakan, akan mendapatkan tambahan exp sebesar 135. Misal, penggunaan pertama memberikan 700 exp sedangkan penggunaan kedua memberikan 835 exp dan seterusnya. Tome of Knowledge tetap bisa digunakan oleh hero yang sudah mencapai level 25, cocok untuk buang-buang Tome :(. Prioritas penggunaan Tome of Knowledge biasanya untuk membantu hero dari level 5 ke level 6 dan hero yang mengejar talent atau ultimate tertentu. Tidak ada keharusan apakah hero carry atau support terlebih dahulu yang menggunakan Tome. Semua kembali lagi ke kondisi yang dihadapi dan kemampuan yang dimiliki tiap hero sehingga penggunaan Tome diperlukan. Intinya, Tome of Knowledge memberikan exp yang besar secara langsung sehingga bisa membantu hero untuk naik level dengan cepat.

Kesimpulannya, hero-hero yang ada di Dota 2 memerlukan experience untuk naik level. Exp bisa didapatkan dengan cara berada di sekitar unit musuh yang mati, melakukan deny lane creep, menggunakan Hand of Midas, dan menggunakan Tome of Knowledge. Cara yang paling ampuh untuk naik level adalah membunuh hero dan melakukan farming (last hit + deny) pada lane creep dengan efektif. Jika kamu bisa mengacaukan farm musuh, apalagi sampai membunuh musuh, exp mereka akan terhambat dan level mereka pun akan lebih rendah dari level kita ^^

--------


Terima kasih telah membaca tips ini. Silakan memberi masukan atau pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ^^


Jangan lupa follow kita yah di:

Blog: ngdota2.blogspot.com
IG: @ngdota2
Facebook: Neo Generation Dota 2
Email: neogenerationd2@gmail.com

Be the neo Dota 2 Player!!!

No comments:

Post a Comment